PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KELAS X MIPA DI SMAN 4 TASIKMALAYA

ARDINI, WINA (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KELAS X MIPA DI SMAN 4 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (421kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kritis pada peserta didik kelas X MIPA di SMA 4 Tasikmalaya. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X MIPA sejumlah 5 kelas dengan jumlah peserta didik 188 orang dan sampel diambil secara non�probability berupa purposive sampling yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 38 peserta didik dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 38 peserta didik. Desain penelitiannya menggunakan the matching-only posttest-only control group design dan pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis berupa soal uraian keterampilan berpikir kritis sebanyak 13 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independent dengan berbantuan aplikasi SPSS versi 25 for windows dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian hipotesis ditemukan bahwa pembelajaran biologi berbasis STEM berpengaruh signifikan sebesar 0,01 atau nilai signifikansi <0,05 terhadap keterampilan berpikir kritis. Pada hasil penelitian kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol dilihat dari skor rata-rata yang dicapai pada keterampilan berpikir kritis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi berbasis STEM berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis pada kelas X MIPA di SMA 4 Tasikmalaya. Kata Kunci : Pembelajaran biologi, Pendekatan STEM, Keterampilan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:50
Last Modified: 26 Jan 2024 02:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11784

Actions (login required)

View Item View Item