PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Pre-Eksperimental Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI IPS 2 SMAN 10 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/ 2020)

PURWATI, VINA (2020) PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Pre-Eksperimental Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI IPS 2 SMAN 10 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/ 2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI VINA PURWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mencari tahu apakah terdapat pengaruh dari penggunaan media komik sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah Indonesia pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA NEGERI 10 TASIKMALAYA semester genap tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMAN 10 Tasikmalaya dengan jumlah 148 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 dengan jumlah 23 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling purposif. Instrumen pada penelitian ini berupa angket minat belajar siswa dengan sebanyak 16 butir pernyataan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan software IBM Statistical Packge for Social Sciences (SPSS) 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa peggunaan komik sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil data angket minat belajar siswa sebelum menggunakan media komik sebesar 990 atau 56,03 %, sedangkan hasil perhitungan data angket minat belajar siswa setelah menggunakan media komik sebesar 1482 atau 80,55 % dengan kategori baik, maka minat belajar siswa bertambah 28,64 %. Hasil pengolahan data uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) pada tabel adalah 0,000, < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, maka terdapat pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran komik terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Media Komik, Minat Belajar Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Jan 2024 01:43
Last Modified: 25 Jan 2024 01:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11732

Actions (login required)

View Item View Item