PENGARUH JENIS MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN PLANLET PISANG AMBON KUNING (Musa paradisiaca L.) PADA TAHAP AKLIMATISASI

SUFIANI, HANIFAH NUR (2020) PENGARUH JENIS MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN PLANLET PISANG AMBON KUNING (Musa paradisiaca L.) PADA TAHAP AKLIMATISASI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Hanifah Nur Sufiani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan planlet pisang ambon kuning (Musa paradisiaca L.) pada berbagai media tanam pada tahap aklimatisasi. Penelitian dilaksanakan di screen house Kelurahan Sukalaksana Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya dari bulan april sampai dengan bulan juni 2020 dengan ketinggian 430 m dpl. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan perlakuan berbagai jenis media tanam, yaitu: A = pasir, B = zeolit, C = arang sekam, D = cocopeat dan E = pecahan bata merah, masing-masing perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Parameter pengamatan meliputi: tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun, lebar daun, diameter batang semu, jumlah akar, panjang akar dan bobot segar bibit. Data dianalisis menggunakan sidik ragam dengan uji F dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan berbagai jenis media tanam memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan planlet pisang ambon kuning pada tahap aklimatisasi pada tinggi tanaman, lebar daun, panjang akar dan bobot segar bibit. Media tanam cocopeat menunjukkan pengaruh yang paling baik pada parameter tinggi tanaman dan bobot segar bibit, sedangkan arang sekam menunjukkan pengaruh yang baik pada parameter lebar daun dan panjang akar. Kata kunci : Aklimatisasi, media tanam, pisang ambon kuning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:12
Last Modified: 24 Jan 2024 08:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11720

Actions (login required)

View Item View Item