PURMASARI, PINI (2023) PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK CUCI TANGAN PAKAI SABUN SEBELUM DAN SESUDAH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PERMAINAN PUZZLE PADA SISWA SEKOLAH DASAR (PENELITIAN PADA SISWA KELAS I-III SDN DEUDEUL KABUPATEN TASIKMALAYA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. PERSETUJUAN.pdf Download (567kB) |
|
Text
6. PERNYATAAN.pdf Download (180kB) |
|
Text
2. HAK CIPTA.pdf Download (405kB) |
|
Text
8. Abstrak Indonesia.pdf Download (538kB) |
|
Text
9. Asbtrak Inggris.pdf Download (231kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
11. DAFTAR TABEL DAN GAMBAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (9MB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (37MB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (14MB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
Text
17. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (64MB) |
|
Text
5. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Cuci tangan pakai sabun merupakan kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang sangat mudah namun sulit dilakukan karena sebagian besar orang tidak mengetahui secara mendalam seperti pengertian, waktu untuk mencuci tangan pakai sabun, dampak tidak mencuci tangan pakai sabun dan juga langkah-langkah cuci tangan pakai sabun. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan praktik cuci tangan pakai sabun (CTPS) dpat dilakukan dengan pendidikan kesehatan menggunakan metode yang menarik. Permainan puzzle adalah metode pembelajaran yang dianggap cocok untuk keterampilan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan praktik CTPS siswa sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan dengan metode permainan puzzle. Desain penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah 49 siswa kelas I-III Sekolah Dasar Negeri Deudeul Kabupaten Tasikmalaya. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Hasil uji statistik dengan uji wilcoxon yaitu didapatkan p-value=0.000 untuk nilai pengetahuan dan p-value=0.000 untuk nilai praktik,dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan dan praktik CTPS siswa sebelum dan sesudah diberi pendidikan kesehatan dengan permainan puzzle. Kata Kunci : Cuci Tangan Pakai Sabun, Puzzle.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 08:27 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 08:27 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11593 |
Actions (login required)
View Item |