KAMAL, AMELY SARAH (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE LEARNING SYSTEM (AILS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PSIKOTROPIKA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (18kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (288kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (272kB) |
|
Text
6.UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (9kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (56kB) |
|
Text
7.DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (61kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (124kB) |
|
Text
10.BAB I.pdf Download (110kB) |
|
Text
11.BAB II.pdf Download (245kB) |
|
Text
12.BAB III.pdf Download (735kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
|
Text
14.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
17.RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dimana proses pembelajaran dibantu dengan penggunaan perplexity terhadap hasil belajar siswa pada materi psikotropika di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Ciamis. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian the mattcing posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Ciamis sebanyak 7 kelas dengan total 249 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel yang digunakan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 70 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini untuk mengukur hasil belajar peserta didik dengan tes pilihan majemuk sebanyak 30 soal yang mengacu ke dalam indikator C1, C2, C3, C4, C5 serta penilaian poster untuk mengukur C6. Teknik analisis data yang digunakan yaitu T-Independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dengan penerapan model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Artificial Intelligence Learning System (AILS) terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi (0,000). Hal tersebut dibuktikan dengan adanya nilai signifikansi sig.(2-tailed) sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 5% atau bisa dituliskan dengan 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Hasil dari uji hipotesis pada peneltian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Artificial Intelligence Learning System (AILS) terhadap hasil belajar siswa pada materi psikotropika kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Ciamis Tahun AJaran 2023/2024. Kata Kunci: AILS, Project Based Learning, perplexity, Hasil Belajar Kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 06:15 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 06:15 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11550 |
Actions (login required)
View Item |