AFTILASYAH, WULAN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (246kB) |
|
Text
02. Lembar Pengesahan.pdf Download (169kB) |
|
Text
03. Pernyataan.pdf Download (68kB) |
|
Text
07. Ucapan Terima Kasih.pdf Download (326kB) |
|
Text
04. Abstrak b.indo.pdf Download (324kB) |
|
Text
05. Abstrack b.inggris.pdf Download (322kB) |
|
Text
06. Kata Pengantar.pdf Download (329kB) |
|
Text
08. Daftar Isi.pdf Download (233kB) |
|
Text
09. Daftar Tabel.pdf Download (208kB) |
|
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (203kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran (1).pdf Download (206kB) |
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (347kB) |
|
Text
13. BAB 2.pdf Download (545kB) |
|
Text
14. BAB 3.pdf Download (712kB) |
|
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
|
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka (1).pdf Download (437kB) |
|
Text
18. Lampiran (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 1 Manonjaya yaitu rendahnya hasil belajar siswa atau tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditentukan pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan media scrapbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi pendapatan nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dalam bentuk the non-equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 1 Manonjaya pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 176 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 1 yang berjumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan purpose sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada model pembelajaran discovery learning dengan bantuan media scrapbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi pendapatan nasional, dimana Ha diterima jika nilai Sig.(2-tailed) ≤ 5 % atau 0,05 dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model discovery learning dengan bantuan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Scrapbook
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 04:12 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 04:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11542 |
Actions (login required)
View Item |