Aditriana, Rizal (2018) APLIKASI PENGENALAN MOTIF BATIK BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
6 Abstrak b.indo.pdf Download (7kB) |
|
Text
8 KATA PENGANTAR.pdf Download (191kB) |
|
Text
9 DAFTAR ISI.pdf Download (269kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (97kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (270kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (227kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
Abstract
Museum Tekstil Jakarta merupakan museum yang memuat kain tradisional di Indonesia, salahsatunya adalah batik. Batik merupakan kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan malam pada kain, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan masing - masing. Namun dalam penggunaanya, tidak banyak orang terutama kaum muda yang mengetahui bagaimana asal usul adanya batik. Apalagi mengenal lebih jauh mengenai berbagai jenis motif dan juga filosofinya. Oleh karena itu dalam penelitian ini, berinisiatif untuk membuat aplikasi Augmented Reality untuk mengenalkan motif batik, informasi dan filosofi dalam kain batik agar batik dapat terus dilestaraikan. Augmented Reality merupakan teknologi yang meggabungkan dunia nyata dan dunia maya, selain Itu Augmented Reality ini merupakan salah satu teknologi yang berkembang saat ini. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metode penelitian design and creation dan metode pengembangan Luther, dimana metode pengembangan Luther memiliki 6 fase yang terdiri dari Concept, Design, Material Collecting, Assemby, Testing dan Distribution. Perancangan aplikasi menggunakan software Unity3D sebagai salah satu software untuk membangun aplikasi Augmented Reality, Blender sebagai software pembuat 3D modelling, dan vuforia SDK untuk membentuk marker Augmented Reality. Aplikasi Augmented Reality diberi nama AR Batik Jawa Barat yang dapat digunakan penggunjung museum untuk mengetahui informasi dan filosofi yang terdapat dalam kain batik dengan mengarahkan kamera ponsel ke marker yang telah tersedia. Aplikasi pengenalan motif batik berbasis Augmented Reality ini dapat menjadi salah satu media untuk melastirakan batik Indonesia. Kata Kunci : Augmented Reality, Android, Batik, Unity.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 01 Apr 2020 04:51 |
Last Modified: | 01 Apr 2020 04:51 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1128 |
Actions (login required)
View Item |