DARMAWAN, CAHYA (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH YANG PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (63kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (30kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Program Adiwiyata yang dilakukan di SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Penghargaan Adiwiyata yang diterima SMA Negeri 3 Tasikmalaya adalah Adiwiyata tingkat Kota (2013), Provinsi (2014), Nasional (2014), dan sekarang menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri (2016). Untuk mendapatkan Penghargaan Adiwiyata memenuhi keempat komponen dan Standar Penilaian Program Adiwiyata yang termuat dalam Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. Tujuan utama penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui, Faktor–Faktor Geografis yang mendukung Program Adiwiyata (2) untuk mengetahui, Implementasi Program Adiwiyata dalam mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan di SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuisioner, studi dokumentasi dan studi litelatur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga sekolah yang ada di SMA Negeri 3 Tasikmalaya dengan total populasi yaitu 1296 orang. Teknik pengambilan sampel dengan dua cara untuk peserta didik dengan teknik proportional stratified random sampling dengan persentase 5% sebanyak 60 peserta didik dan untuk tenaga kependidikan diambil dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor geografis yang mendukung Program Adiwiyata di SMA Negeri 3 Tasikmalaya terdiri dari (1) Lingkungan hidup alam terdiri dari ketersediaan lahan yang sudah dimanfaatkan seluas 17.176 m2 atau 85,88 % dan Ruang terbuka hijau seluas 6.327 m2 atau 31.62% (2) terdiri dari kondisi ruang kelas jumlah kelas 36 dengan total luas 2.592 m2, lapangan sekolah terdiri dari lapang upacara 1.875 m2 lapang olaharaga 770 m2 lapang parkir 2.268 m2. kantin sekolah ada 3 kantin yaitu, koperasi siswa, koperasi guru dan kantin, taman sekolah dikelola oleh semua ekstrakulikuler dan kelas (3) Lingkungan Sosial budaya terdiri dari pengetahuan yang mendalam tentang lingkungan, sikap yang peka terhadap lingkungan, perilaku yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, keterampilan dalam mengelola lingkungan dengan cara mengolah barang bekas menjadi sebuah kerajinan. Selanjutnya untuk Implementasi Program Adiwiyata yang dilakukan di SMA Negeri 3 Tasikmalaya terdiri dari empat komponen dan standar (1) Kebijakan berwawasan lingkungan terlihat dari Visi Misi sekolah serta Rencana kegiatan anggaran sekolah (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, (3) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif seperti lomba kebersihan kelas, jumat bersih, bank sampah, apotik hidup, kolam terpal (4) Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan seperti green house, penghematan energi, pengolahan kompos. Kata Kunci : Program Adiwiyata, SMA Negeri 3 Tasikmalaya, Lingkungan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Haryadi Haryadi |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 03:53 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 06:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1109 |
Actions (login required)
View Item |