UNTARI, TASYA GIANDWI (2023) HUBUNGAN FAKTOR KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK UMUM UPTD PUSKESMAS KERSANAGARA KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover.pdf Download (162kB) |
|
Text
2. Halaman Persetujuan.pdf Download (114kB) |
|
Text
3. lembar pengesahan new.pdf Download (225kB) |
|
Text
4. Halaman Pernyataan.pdf Download (188kB) |
|
Text
8. Abstrak.pdf Download (258kB) |
|
Text
5. Halaman Persembahan.pdf Download (225kB) |
|
Text
7. Kata pengantar baru.pdf Download (945kB) |
|
Text
9. Daftar Isi.pdf Download (188kB) |
|
Text
10. Daftar Tabel.pdf Download (166kB) |
|
Text
11. Daftar Gambar.pdf Download (136kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (163kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (304kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (463kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
Text
17. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
|
Text
18. Daftar Pustaka.pdf Download (227kB) |
|
Text
19. Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
6. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
Abstract
Kualitas pelayanan kesehatan sangat berkaitan erat dengan aspek kepuasan pasien. Kepuasan pasien menjadi salah cara untuk membandingkan antara persepsi pasien terhadap pelayanan yang diterima dengan harapannya sebelum mendapatkan pelayanan. Oleh karena itu, semakin baik kualitas pelayanan maka semakin baik pula kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan faktor-faktor kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Poliklinik Umum UPTD Puskesmas Kersanagara Kota Tasikmalaya Tahun 2023. Penelitian ini merupakan survei analitik dengan menggunakan pendekatan studi cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu pasien yang sedang berobat di Poliklinik Umum UPTD Puskesmas Kersanagara Kota Tasikmalaya dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 256 responden. Sampel diambil menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pengisian kuesioner oleh responden. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara faktor kehandalan (p=0,000), faktor daya tanggap (p=0,000), faktor jaminan (p=0,021), faktor empati (p=0,000), dan faktor bukti fisik (p=0,000) dengan kepuasan pasien rawat jalan di Poliklinik Umum UPTD Puskesmas Kersanagara Kota Tasikmalaya. Saran yang diberikan untuk puskesmas yaitu perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan seperti peningkatan kedisiplinan petugas kesehatan, keramahan dan kesopanan, serta pemeliharaan dan pengecekan secara rutin fasilitas kesehatan yang digunakan. Kata Kunci: Puskesmas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 02:45 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 02:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11074 |
Actions (login required)
View Item |