PEMANFAATAN SITUS PURBAKALA CIPARI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI POKOK KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT INDONESIA OLEH KELAS X SMA BINAUL UMMAH KECAMATAN CIGUGUR KABUPATEN KUNINGAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HIDAYATUSHALIHIN, MAULANA (2018) PEMANFAATAN SITUS PURBAKALA CIPARI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI POKOK KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT INDONESIA OLEH KELAS X SMA BINAUL UMMAH KECAMATAN CIGUGUR KABUPATEN KUNINGAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan yang dialami siswa ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas yang dikarenakan dalam proses pembelajaran tersebut, guru hanya menggunakan sumber dari buku saja. Diperlukan adanya pemanfaatan media pembelajaran yang mampu membantu siswa dalam mempelajari materi sejarah melalui pemanfaatan Situs Purbakala Cipari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemanfaatan Situs Purbakala Cipari sebagai media pembelajaran sejarah oleh siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Analisis, yaitu suatu penyelidikan mengenai peristiwa untuk menguji suatu kebenaran, bertujuan untuk memperoleh informasi yang objektif mengenai analisis pemanfaatan Situs Purbakala Cipari sebagai media pembelajara sejarah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan wawancara. Instrumen pada penelitian menggunakan pedoman observasi, lembar angket, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Situs Purbakala Cipari mampu dijadikan sebagai media belajar sejarah. Melalui kegiatan pendahuluan yang merangkum penyampaian tujuan pembelajaran, dilanjutkan dengan kegiatan inti yang mencakup kegiatan menyimak, pembagian kelompok siswa, penugasan siswa di Situs Purbakala Cipari, dan pemaparan hasil dari pembelajaran tiap kelompok. Kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, meskipun dengan jumlah benda dan koleksi yang terbatas, namun benda-benda atau koleksi dan kondisi lapangan mampu menggambarkan gambaran pada masa prasejarah yang sedang dipelajari siswa. Pemanfaatan Situs Purbakala Cipari sebagai media pembelajaran siswa dapat memberikan kemudahan dalam pembelajaran dengan memaksimalkan kemampuan dan bakat alamiah siswa, pemanfaatan Situs tersebut mampu mengubah hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran yang terjadi ketika belajar di dalam kelas. Kata Kunci: Situs Purbakala Cipari, Media Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Sep 2019 04:01
Last Modified: 24 Sep 2019 04:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item View Item