PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PLATFORM WIZER.ME PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

SEPTIANA, SANDI (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PLATFORM WIZER.ME PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (156kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGASAHAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
3. LEMBARAN PERNYATAAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (372kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAH KASIH.pdf

Download (270kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (159kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (154kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (433kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (825kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan keterbatasan alat dan bahan praktikum di laboratorium, serta peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi momentum dan impuls. Upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) menggunakan model problem based learning dengan platform Wizer.me. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) menggunakan model problem based learning dengan platform Wizer.me pada materi momentum dan impuls. (2) Mendeskripsikan tingkat validitas pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) menggunakan model problem based learning dengan platform Wizer.me pada materi momentum dan impuls. (3) Mendeskripsikan tingkat kepraktisan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) menggunakan model problem based learning dengan platform Wizer.me pada materi momentum dan impuls. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 13 Garut sebanyak 7 kelas dengan jumlah peserta didik 252 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 dengan jumlah setiap kelas 36 peserta didik. Untuk mengukur kelayakan E-LKPD dilakukan validasi meliputi ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah hasil validasi adalah indeks Aiken’s V. Hasil penelitian menunjukan bahwa indeks Aiken ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran berturut-turut sebesar 0,89, 0,93, dan 0,95 dengan kategori sangat valid serta rata-rata persentase kepraktisan sebesar 89% dengan kriteria sangat praktis. E-LKPD menggunakan model problem based learning dengan platform Wizer.me pada materi momentum dan impuls yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: E-LKPD, Problem Based Learning, Wizer.me, Momentum dan Impuls

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:43
Last Modified: 10 Aug 2023 02:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10424

Actions (login required)

View Item View Item