MULYADI, ANDI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1_Cover_SKRIPSI ANDI MULYADI 192154108.pdf Download (114kB) |
|
Text
2_Lembar Pengesahan_SKRIPSI-ANDI MULYADI-192154108 (2).pdf Download (444kB) |
|
Text
3_Abstrak_SKRIPSI-ANDI MULYADI-192154108.pdf Download (100kB) |
|
Text
4_Kata Pengantar_SKRIPSI-ANDI MULYADI-192154108.pdf Download (222kB) |
|
Text
5_BAB 1_SKRIPSI-ANDI MULYADI-192154108.pdf Download (117kB) |
|
Text
6_BAB 2 SKRIPSI-ANDI MULYADI-192154108.pdf Download (444kB) |
|
Text
7_BAB 3_SKRIPSI-ANDI MULYADI-192154108.pdf Download (682kB) |
|
Text
8_BAB 4_SKRIPSI-ANDI MULYADI-192154108.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
|
Text
9_BAB 5_SKRIPSI-ANDI MULYADI-192154108.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
10_DAFPUS_SKRIPSI-ANDI MULYADI-192154108.pdf Download (255kB) |
|
Text
11_LAMPIRAN_SKRIPSI-ANDI MULYADI-192154108.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ANDI MULYADI. 2023. PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar dan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya pada materi Ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimen dengan desain the matching-only posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian adalah kelas X MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 186 siswa dan terdiri dari 5 kelas X MIPA. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran di kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar dengan jumlah 30 soal pilihan majemuk dan non-tes menggunakan angket Collaboration Self-Asessment Tool (CSAT) dengan 44 item pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji One Way Anova. Berdasarkan hasil analisis data secara parsial dan simultan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar dan keterampulan kolaborasi peserta didik pada materi ekosistem di kelas X MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Kolaborasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 08:18 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 08:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10265 |
Actions (login required)
View Item |