PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Konsep Perdagangan Internasional Kelas XI IPS SMAN 2 Ciamis)

PARHANNUDIN, PARHANNUDIN (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Konsep Perdagangan Internasional Kelas XI IPS SMAN 2 Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (41kB)
[img] Text
02 Pengesahan.pdf

Download (401kB)
[img] Text
03 Pernyataan.pdf

Download (175kB)
[img] Text
04 Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
05 Abstract.pdf

Download (115kB)
[img] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (118kB)
[img] Text
07 Ucapan Terimakasih.pdf

Download (77kB)
[img] Text
08 Daftar Isi.pdf

Download (102kB)
[img] Text
09 Daftar Tabel.pdf

Download (10kB)
[img] Text
10 Daftar Gambar.pdf

Download (6kB)
[img] Text
11 DAFTAR Lampiran.pdf

Download (16kB)
[img] Text
12 BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
13 BAB II.pdf

Download (141kB)
[img] Text
13 BAB II.pdf

Download (141kB)
[img] Text
14 BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
15 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
16 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
17 Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text
18 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 2 Ciamis yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, dengan desain menggunakan non equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk esai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 2 Ciamis pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 143 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 3 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 yang berjumlah 36 sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media mind mapping dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi konsep perdagangan internasional. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi konsep perdagangan internasional, dimana Ha diterima jika nilai sig.(2-tailed) < 5% atau 0.05 dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model discovery learning berbantuan media mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Discovery Learning, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Jul 2023 00:48
Last Modified: 25 Jul 2023 00:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9929

Actions (login required)

View Item View Item