Karimah, Namira (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (992kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (824kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (338kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. DAFTRA PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan serta memproduksi teks eksplanasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas XI pada pelajaran bahasa indonesia berdasarkan kurikulum 2013. Kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum memenuhi KKB. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together dalam meningkatkan kemampuan Menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan serta memproduksi teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMA IT Riyadlussholihin Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik penelitian yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas XI SMA IT Riyadlussholihin Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi sebanyak 16 orang (59%) yang belum mencapai KKB dan 11 orang (41%) sudah mencapai KKB. Pada siklus kedua dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi semua peserta didik 27 orang (100%) telah mencapai KKB. Pada siklus kesatu dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi sebanyak 10 orang (38%) yang belum mencapai KKB dan 17 orang (62%) sudah mencapai KKB. Pada siklus kedua dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi semua peserta didik 27 orang (100%) telah mencapai KKB. Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa W(hitung) (0) < W(tabel) 81,796 dalam taraf signifikasi 0,05. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikasi siklus kesatu dan siklus kedua. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan Menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan serta memproduksi teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMA IT Riyadlussholihin Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Artinya, Hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 06:09 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 06:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9914 |
Actions (login required)
View Item |