ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS

MULYANINGSIH, SRI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (323kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (26kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN PENGUJI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan metakognisi berdasarkan resiliensi matematis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket resiliensi matematis, tes, dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 5 Tasikmalaya berdasarkan ciri-ciri resiliensi matematis dari hasil angket yaitu peserta didik dengan kategori resiliensi tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan metakognisi S-08 dengan resiliensi matematis tinggi telah memenuhi indikator perencanaan, pemantauan, dan penilaian. (2) Kemampuan metakognisi S-26 dengan resiliensi matematis sedang hanya memenuhi indikator perencanaan dan pemantauan, pada indikator penilaian S-26 mampu menuliskan jawaban akhir namun tidak mampu menuliskan kesimpulan dan tidak yakin dengan jawaban akhir yang diperolehnya. (3) Kemampuan metakognisi S-31 dengan resiliensi matematis rendah pada indikator perencanaan mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, namun S-31 tidak menyelesaikan soal sampai menemukan jawaban akhirnya sehingga tidak mampu memenuhi indikator pemantauan dan penilaian. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Metakognisi, Resiliensi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:01
Last Modified: 18 Jul 2023 06:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9913

Actions (login required)

View Item View Item