AINURIZA, SITI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER_SitiAinuriza.pdf Download (82kB) |
|
Text
LembarPengesahan_SitiAinuriza.pdf Download (167kB) |
|
Text
SuratPernyataan_SitiAinuriza.pdf Download (111kB) |
|
Text
SuratRevisi_SitiAinuriza.pdf Download (128kB) |
|
Text
Abstrak_SitiAinuriza.pdf Download (7kB) |
|
Text
KataPengantar_SitiAinuriza.pdf Download (183kB) |
|
Text
DaftarIsi_SitiAinuriza.pdf Download (305kB) |
|
Text
DaftarTabel_SitiAinuriza.pdf Download (182kB) |
|
Text
DaftarGambar_SitiAinuriza.pdf Download (187kB) |
|
Text
DaftarLampiran_SitiAinuriza.pdf Download (189kB) |
|
Text
BAB 1_SitiAinuriza.pdf Download (170kB) |
|
Text
BAB 2_SitiAinuriza.pdf Download (298kB) |
|
Text
BAB 3_SitiAinuriza.pdf Download (194kB) |
|
Text
BAB 4_SitiAinuriza.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5_SitiAinuriza.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
DaftarPustaka_SitiAinuriza.pdf Download (13kB) |
|
Text
Lampiran_SitiAinuriza.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan abstraksi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes kemampuan abstraksi matematis, penyebaran angket self-efficacy dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan yaitu berupa tes soal kemampuan abstraksi matematis, angket self-efficacy dan pedoman wawancara. Subjek penelitian dipilih dari siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Tasikmalaya. Penentuan subjek pada penelitian ini yaitu berdasarkan hasil analisis tes soal kemampuan abstraksi matematis siswa yang mengerjakan soal berdasarkan indikator kemampuan abstraksi matematis terlepas dari jawaban salah dan benar dan memiliki kecenderungan terhadap salah satu ciri-ciri self-efficacy. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam menyelesaikan tes soal kemampuan abstraksi matematis, siswa dengan self-efficacy tinggi mampu mentransformasi masalah ke dalam bentuk dan simbol, mampu membuat persamaan sesuai dengan situasi yang diberikan yaitu membuat pemisalan dan membuat beberapa persamaan, mampu menyatakan hubungan antara konsep yaitu metode eliminasi dengan metode substitusi, mampu membuat persamaan yang setara, dan mampu membuat generalisasi dengan baik dan memperoleh hasil yang tepat sesuai dengan permasalahan. Dalam menyelesaikan tes soal kemampuan abstraksi matematis, siswa dengan self-efficacy rendah mampu mentransformasi masalah ke dalam bentuk dan simbol, mampu membuat persamaan sesuai dengan situasi yang diberikan, mampu menyatakan hubungan antara konsep yaitu metode eliminasi dengan metode substitusi meskipun masih terdapat kecerobohan dalam perhitungan, mampu membuat persamaan yang setara, dan mampu membuat generalisasi meskipun hasil yang diperoleh tidak tepat. Kata kunci: Kemampuan Abstraksi Matematis, Self-Efficacy
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 05:53 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 05:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9912 |
Actions (login required)
View Item |