ISKANDAR, AEF AWALUDIN (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTBOND TREASURE HUNT TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (76kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (186kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (136kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (104kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (49kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (64kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (110kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (134kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (152kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (392kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tercapainya minat belajar siswa secara optimal. Hal tersebut terlihat dari respon siswa selama mengikuti proses pembelajaran, siswa terlihat kurang fokus dalam memperhatikan guru yang ditunjukkan dengan posisi pipi menempel pada lengan, kerap kali siswa terlihat sedang melamun, dan kurang antusias. Selain itu, siswa sering bersikap acuh dengan mengobrol bersama temannya, memakan cemilan, dan sibuk memainkan smartphone. Siswa yang merasa jenuh salah satunya dapat disebabkan karena kurangnya peran siswa secara kinestetik dalam pembelajaran. Metode Outbond Treasure Hunt menjadi salah satu metode pembelajaran yang melibat aktifkan peran siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat menjadi solusi guna mengatasi kurangnya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Outbond Treasure Hunt terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis Independent sample T Test, dapat diinterpretasikan bahwa nilai Sig yang didapatkan ialah 0,00 sehingga dinyatakan nilai Sig 0,00 < 0,05. Sedangkan pada uji N-Gain Rata-rata yang diperoleh di kelas Eksperimen sebesar 82,79%. Jika berlandaskan pada klasifikasi N-Gain persen nilai yang dihasilkan dalam uji tersebut bisa dikategorikan bahwa penggunaan metode Outbond Treasure Hunt pada kelas Eksperimen efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah. Berdasarkan pengolahan data dan hasil yang diperoleh, peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil dari uji hipotesis yang sudah dilakukan menghasilkan interpretasi bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga menghasilkan pernyataan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran Outbond Treasure Hunt terhadap minat belajar pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi organisasi pergerakan masa pendudukan Jepang di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Kata Kunci: Outbond Treasure Hunt, Minat Belajar, Metode Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 07:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 07:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9904 |
Actions (login required)
View Item |