PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KONSEP BANK DAN INDUSTRI KEUANGAN NON-BANK (Studi kuasi eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Pagelaran Tahun Ajaran 2022/2023)

ALWIYASA, RAHMATUL KHALIK (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KONSEP BANK DAN INDUSTRI KEUANGAN NON-BANK (Studi kuasi eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Pagelaran Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER (Rahmatul).pdf

Download (73kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN (Rahmatul).pdf

Download (145kB)
[img] Text
LEMBAR TTD PENGUJI (Rahmatul).pdf

Download (144kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN (Rahmatul).pdf

Download (160kB)
[img] Text
ABSTRAK (Rahmatul).pdf

Download (63kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR (Rahmatul).pdf

Download (133kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH (Rahmatul).pdf

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (Rahmatul).pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB 1 (Rahmatul).pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB 2 (Rahmatul).pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 3 (Rahmatul).pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB 4 (Rahmatul).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB 5 (Rahmatul).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA + LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi Konsep Bank dan Industri Keuangan Non-Bank. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen bentuk nounequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Pagelaran yang berjumlah 152 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu, kelas X-3 (kelas eksperimen) dengan jumlah 30 peserta didik dan kelas X-5 (kelas kontrol) dengan jumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes pilihan ganda dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired samples T-test, dan uji independent samples T-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model Snowball Throwing pada pengukuran awal dan pengukuran akhir dengan nilai rata-rata n-gain sebesar 0,717 (tinggi). 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional pada pengukuran awal dan pengukuran akhir dengan nilai rata-rata n-gain 0,697 (sedang). 3) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Snowball Throwing

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:36
Last Modified: 18 Jul 2023 01:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9891

Actions (login required)

View Item View Item