ALWIYASA, RAHMATUL KHALIK (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KONSEP BANK DAN INDUSTRI KEUANGAN NON-BANK (Studi kuasi eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Pagelaran Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER (Rahmatul).pdf Download (73kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN (Rahmatul).pdf Download (145kB) |
|
Text
LEMBAR TTD PENGUJI (Rahmatul).pdf Download (144kB) |
|
Text
LEMBAR KEASLIAN (Rahmatul).pdf Download (160kB) |
|
Text
ABSTRAK (Rahmatul).pdf Download (63kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR (Rahmatul).pdf Download (133kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH (Rahmatul).pdf Download (69kB) |
|
Text
DAFTAR ISI (Rahmatul).pdf Download (258kB) |
|
Text
BAB 1 (Rahmatul).pdf Download (197kB) |
|
Text
BAB 2 (Rahmatul).pdf Download (193kB) |
|
Text
BAB 3 (Rahmatul).pdf Download (356kB) |
|
Text
BAB 4 (Rahmatul).pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
|
Text
BAB 5 (Rahmatul).pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA + LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi Konsep Bank dan Industri Keuangan Non-Bank. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen bentuk nounequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Pagelaran yang berjumlah 152 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu, kelas X-3 (kelas eksperimen) dengan jumlah 30 peserta didik dan kelas X-5 (kelas kontrol) dengan jumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes pilihan ganda dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired samples T-test, dan uji independent samples T-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model Snowball Throwing pada pengukuran awal dan pengukuran akhir dengan nilai rata-rata n-gain sebesar 0,717 (tinggi). 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional pada pengukuran awal dan pengukuran akhir dengan nilai rata-rata n-gain 0,697 (sedang). 3) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Snowball Throwing
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 01:36 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 01:36 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9891 |
Actions (login required)
View Item |