PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN POE2WE MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA

NURMILAH, NISA (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN POE2WE MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1_Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
2-Lembar Pengesahan.pdf

Download (297kB)
[img] Text
3-Lembar Pernyataan.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4_Abstrak.pdf

Download (37kB)
[img] Text
5_Kata Pengantar-Ucapan Terimakasih.pdf

Download (125kB)
[img] Text
6_Daftar Isi-Daftar Lampiran.pdf

Download (81kB)
[img] Text
7_BAB 1.pdf

Download (121kB)
[img] Text
8_BAB 2.pdf

Download (595kB)
[img] Text
9_BAB 3.pdf

Download (278kB)
[img] Text
10_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
11_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
12_Daftar Pustaka.pdf

Download (170kB)
[img] Text
13_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Implementasi teknologi dalam pendidikan telah banyak direalisasikan sesuai dengan PermendikbudRistek No.16 Tahun 2022 tentang standar proses yaitu penggunaan perangkat teknologi untuk memberi pengalaman belajar yang berkualitas demi tercapainya tujuan belajar. Namun, pada kenyataannya penerapan teknologi belum dimanfaatkan dengan optimal. Oleh karena itu, peneliti berupaya untuk memberikan solusi alternatif dengan mengembangkan e-modul interaktif berbasis model pembelajaran POE2WE menggunakan flipbook maker pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Namun, dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai dengan tahap Develop karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas dan kepraktisan e-modul saja. Pada tahap Define dilakukan studi pendahuluan dengan menyebar angket analisis kebutuhan dan mewawancarai guru fisika dan perwakilan peserta didik kelas XI MIPA. Tahap Design dilakukan dengan perancangan awal dan pemilihan media. Tahap Develop dilakukan dengan pengembangan produk, uji validitas, dan uji kepraktisan produk. Uji validitas dilakukan oleh 4 ahli materi dan 4 ahli media. Uji kepraktisan produk dilakukan dengan menyebarkan angket kepraktisan produk kepada guru fisika dan peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya. Hasil uji validasi e-modul berdasarkan aspek materi memperoleh nilai 0,89 dengan kategori sangat valid dan berdasarkan aspek media memperoleh nilai 0,84 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh nilai 88,89% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik memperoleh nilai 83,33% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: E-Modul Interaktif, Flipbook Maker, Gelombang Bunyi dan Cahaya, Model Pembelajaran POE2WE.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:34
Last Modified: 14 Jul 2023 06:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9850

Actions (login required)

View Item View Item