ANALISISKEMAMPUAN BERPIKIRREFLEKTIFPESERTADIDIK DITINJAU DARIEMOTIONALSPIRITUALQUOTIENT(ESQ)

APRILIA, IDA AYU (2022) ANALISISKEMAMPUAN BERPIKIRREFLEKTIFPESERTADIDIK DITINJAU DARIEMOTIONALSPIRITUALQUOTIENT(ESQ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (85kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (251kB)
[img] Text
4. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (207kB)
[img] Text
6 ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
7 ABSTRACT.pdf

Download (6kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (112kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
9 DAFTAR TABEL.pdf

Download (5kB)
[img] Text
11 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
12 BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
13 BAB II.pdf

Download (358kB)
[img] Text
14 BAB III.pdf

Download (151kB)
[img] Text
15 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img] Text
16 bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif peserta didik ditinjau dari ESQ. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan think aloud methods dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 5 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu penyebaran angket ESQ, pemberian tes kemampuan berpikir reflektif, dan wawancara. Instrumen penelitian terdiri dari dari peneliti, angket ESQ, tes kemampuan berpikir reflektif, dan wawancara. Penentuan subjek penelitian berdasarkan teknik purposive yaitu peserta didik dipilih berdasarkan peserta didik yang memiliki ESQ tinggi dan ESQ rendah, yang masing-masing memenuhi minimal satu indikator berpikir reflektif. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Kemampuan berpikir reflektif ditinjau dari ESQ tinggi S-3 memiliki ciri-ciri mudah menyukai aktivitas berhitung, terstruktur, tekun, dan menggunakan banyak waktu untuk merespon dan merenungkan akurasi jawaban. (2) Kemampuan berpikir reflektif ditinjau dari ESQ tinggi S-5 memiliki ciri-ciri mampu menentukan sendiri tujuan belajar dan berkonsentrasi pada informasi yang relevan. (3) Kemampuan berpikir reflektif ditinjau dari ESQ tinggi S-17 memiliki ciri-ciri dapat menyelesaikan masalah sesuai perencanaan tetapi kurang menggunakan pemikiran yang logis dalam menyelesaikan masalah. (4) Kemampuan berpikir reflektif ditinjau dari ESQ tinggi S-23 memiliki ciri-ciri peserta didik yang mengutamakan pengertian pribadi dan cenderung menyelesaikan masalah dengan logika. (5) Kemampuan berpikir reflektif ditinjau dari ESQ rendah S-27 memiliki ciri-ciri cenderung mudah menyerah dan tergesa-gesa. Kata Kunci: Analisis, ESQ, Kemampuan Berpikir Reflektif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:38
Last Modified: 14 Jul 2023 03:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9845

Actions (login required)

View Item View Item