PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI

MARLINA, LENI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover-Leni Marlina.pdf

Download (20kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan-Leni Marlina.pdf

Download (272kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan-Leni Marlina.pdf

Download (267kB)
[img] Text
4. Abstrak-Leni Marlina.pdf

Download (98kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar-Leni Marlina.pdf

Download (22kB)
[img] Text
6. Daftar-daftar-Leni Marlina.pdf

Download (83kB)
[img] Text
7. BAB 1-Leni Marlina.pdf

Download (34kB)
[img] Text
8, BAB 2-Leni Marlina.pdf

Download (334kB)
[img] Text
9. BAB 3-Leni Marlina.pdf

Download (474kB)
[img] Text
10. BAB 4-Leni Marlina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
11. BAB 5-Leni Marlina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka-Leni Marlina.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Hukum Newton tentang gravitasi dengan rata-rata-persentase 22,69% dan tidak aktifnya siswa dalam pembelajaran Fisika. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran experiential learning berbantuan PhET simulation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Hukum Newton tentang gravitasi di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cikatomas tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian posttest only control group desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cikatomas sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa 191 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengukuran keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan tes yang diberikan setelah siswa diberi perlakuan (posttest) berbentuk esai dengan jumlah soal 8 butir soal pada materi Hukum Newton tentang gravitasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:43
Last Modified: 12 Jul 2023 06:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9785

Actions (login required)

View Item View Item