PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK

PUSPITASARI, SITI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER - SITI PUSPITASARI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN - SITI PUSPITASARI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN - SITI PUSPITASARI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
4. ABSTRAK - SITI PUSPITASARI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - SITI PUSPITASARI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
6. DAFTAR-DAFTAR - SITI PUSPITASARI.pdf

Download (598kB)
[img] Text
7. BAB I - SITI PUSPITASARI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
8. BAB II - SITI PUSPITASARI.pdf

Download (446kB)
[img] Text
9. BAB III - SITI PUSPITASARI.pdf

Download (583kB)
[img] Text
10. BAB IV - SITI PUSPITASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[img] Text
11. BAB V - SITI PUSPITASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA - SITI PUSPITASARI.pdf

Download (426kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN - SITI PUSPITASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan siswa yang kurang aktif dan interaktif dalam proses pembelajaran serta adanya tuntutan pembelajaran yang harus relevan dengan pendidikan abad 21 dan kurikulum 2013 dalam mengetahui pengaruh model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) terhadap keterampilan proses sains pada materi besaran dan pengukuran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) terhadap keterampilan proses sains pada materi besaran dan pengukuran supaya proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berjalan secara optimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, sedangkan desain yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas X SMA Negeri 1 Karangnunggal dengan jumlah 432 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu pemilihan sampel secara acak dengan jumlah sampel dua kelas yaitu kelas X 7 dan kelas X 10 dengan jumlah peserta didik sebanyak 72 orang. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji t diperoleh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:37
Last Modified: 12 Jul 2023 06:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9781

Actions (login required)

View Item View Item