Shafara, Dhena Intan (2023) ANALISIS UNSUR INTRINSIK TEKS CERITA PENDEK DALAM KUMPULAN CERPEN TEH DAN PENGKHIANAT KARYA IKSAKA BANU DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA KELAS XI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (35kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (127kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (143kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (138kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (68kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (96kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (244kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (232kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (72kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Materi teks cerita pendek di SMA kelas XI terdapat dalam kompetensi dasar 3.9 yakni menganalisis unsur-unsur pembangun teks cerita pendek dalam buku kumpulan teks cerita pendek. Namun pada kenyataan di beberapa sekolah, peserta didik masih kesulitan menentukan unsur-unsur pembangun teks cerita pendek. Berdasarkan hal tersebut, penulis melaksanakan penelitian berupa analisis unsur intrinsik teks cerita pendek dalam kumpulan cerpen Teh dan Pengkhianat karya Iksaka Banu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan populasi sebanyak 13 judul teks cerpen. Namun, yang dijadikan sampel hanya 7 judul teks cerpen saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur intrinsik cerita pendek yang terkandung dalam kumpulan cerpen Teh dan Pengkhianat karya Iksaka Banu serta mengetahui dapat atau tidaknya teks cerpen yang telah dianalisis tersebut dijadikan sebagai alternatif bahan ajar bahasa Indonesia di SMA kelas XI. Hasil dari penelitian tersebut diperoleh beberapa data berupa unsur intrinsik teks cerita pendek, kesesuaian unsur intrinsik teks cerpen dengan kurikulum 2013 revisi, serta kesesuaian unsur intrinsik teks cerpen dengan kriteria bahan ajar sastra. Kemudian hasil analisis dari ketujuh teks cerpen tersebut diujicobakan kepada peserta didik kelas XI berupa pengisian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) mengenai analisis unsur intrinsik teks cerpen yang berjudul “Di Atas Kereta Angin” karya Iksaka Banu. Setelah melaksanakan uji coba, 8 dari 10 peserta didik mendapatkan nilai melebihi KKM. Maka dapat diketahui bahwa hasil analisis unsur intrinsik pada kumpulan cerpen Teh dan Pengkhianat karya Iksaka Banu dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar bahasa Indonesia kelas XI di SMA sederajat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 06:15 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 06:15 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9780 |
Actions (login required)
View Item |