PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI

Dadi, Dadi (2023) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1-cover.pdf

Download (43kB)
[img] Text
2-Lembar Pengesahan.pdf

Download (76kB)
[img] Text
3-Lembar Pernyataan.pdf

Download (74kB)
[img] Text
4-Abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text
5-Kata Pengantar.pdf

Download (160kB)
[img] Text
6-Daftar Isi.pdf

Download (221kB)
[img] Text
7-Daftar Tabel.pdf

Download (200kB)
[img] Text
8-Daftar Gambar.pdf

Download (190kB)
[img] Text
10-Daftar Lampiran.pdf

Download (193kB)
[img] Text
11-BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
12-BAB II.pdf

Download (486kB)
[img] Text
13-BAB III.pdf

Download (494kB)
[img] Text
14-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] Text
15-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
16-Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB)
[img] Text
18-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam Kurikulum 2013 revisi, salah satu teks yang harus dikuasai peserta didik kelas XI SLTA/SMA/SMK sederajat adalah teks eksplanasi. peserta didik kelas XI mampu menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan, serta menulis teks eksplanasi sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaannya. Namun pada praktiknya peserta didik kelas XI di SMK Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 masih banyak yang belum mencapai SKBM. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas hasil belajar siswa, serta untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran mind mapping meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta kemampuan menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu pada aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang mencapai SKBM sebanyak 12 orang (35%), sedangkan yang belum mencapai SKBM sebanyak 22 orang (65%). pada aspek keterampilan terdapat peserta didik yang mencapai SKBM sebanyak 10 orang (29%), sedangkan yang belum mencapai SKBM sebanyak 24 orang (71%). Pada siklus kedua, baik aspek pengetahuan maupun aspek keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 34 orang berhasil mencapai SKBM (100%). Hasil uji normalitas data nilai menganalisis dan menulis teks eksplanasi pada siklus kesatu dan siklus kedua data terdistribusi tidak normal, sehingga untuk menghitung uji beda, digunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa W hitung (0) < W tabel (0,01). Data di atas menunjukan bahwa hipotesis tindakan penelitian diterima. Artinya, model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menganalisis serta menulis teks eksplanasi sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaannya pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:45
Last Modified: 12 Jul 2023 01:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9747

Actions (login required)

View Item View Item