PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF (PTK pada Program Life Skill Keterampilan Komputer di PKBM Miftahussa’adah Garut)

DWIANDINI, APRILIA (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF (PTK pada Program Life Skill Keterampilan Komputer di PKBM Miftahussa’adah Garut). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (174kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (198kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (199kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (294kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

APRILIA DWIANDINI.2023. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Kondisi pembelajaran yang kurang interaktif karena terpaku pada metode konvensional sehingga membatasi peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada warga belajar menjadi masalah yang perlu diminimalisir, dalam hal ini, kondisi tersebut diatasi dengan penerapan model pembelajaran problem based learning sebagai strategi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran life skill keterampilan komputer pada pendidikan kesetaraan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran problem based learning sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada warga belajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Untuk teknik analisis datanya yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan dan verifikasi untuk data kualitatif dan penskoran untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penilaian perencanaan pembelajaran model problem based learning pada siklus I sebesar 75 dan di siklus II mengalami peningkatan dengan skor sebesar 85,5. Kemudian pada penilaian praktik pembelajarannya di siklus I memperoleh nilai 75 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor sebesar 84,1. Hal ini berbanding lurus dengan peningkatan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif pada warga belajar yaitu dari nilai pre-test kemampuan berpikir kreatif warga belajar memperoleh skor 31,9 namun setelah pembelajaran dilaksanakan, warga belajar memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 80 untuk siklus I, dan pada siklus II memperoleh nilai 85,8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik maka dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif warga belajar pada pembelajaran life skill keterampilan komputer. Kata Kunci: Kreatif, Life Skill, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:23
Last Modified: 11 Jul 2023 03:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9716

Actions (login required)

View Item View Item