PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, DAN KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)

Sulistiawati, Dewi (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, DAN KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
03. PERNYATAAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (231kB)
[img] Text
06. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR GRAFIK, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
07. BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
08. BAB II.pdf

Download (254kB)
[img] Text
09. BAB III.pdf

Download (226kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, dan kesan dalam bentuk teks deskripsi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Walaupun demikian, pada kenyataanya peserta didik kelas VII SMPN 2 Ciledug Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2022/2023 belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, dan kesan dalam bentuk teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMPN 2 Ciledug Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam pembelajaran KD 3.2, terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 14 orang (43,75%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 18 orang (56,25%). Pada pembelajaran KD 4.2, terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 13 orang (40,62%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 19 orang (59,37%). Pada siklus kedua hasil belajar peserta didik meningkat karena semua peserta didik telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu, berdasarkan hasil perbandingan dengan menggunakan Uji Wilcoxon, baik kompetensi pengetahuan maupun keterampilan, di peroleh hasil W (hitung) (0) < W (tabel) (126,28). Artinya, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, dan kesan dalam bentuk teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMPN 2 Ciledug Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:50
Last Modified: 10 Jul 2023 07:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9690

Actions (login required)

View Item View Item