NURASIAH, NURASIAH (2021) DESAIN DIDAKTIS MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN SPASIAL PESERTA DIDIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
TESIS NURASIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK NURASIAH. 2020. DESAIN DIDAKTIS MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN SPASIAL PESERTA DIDIK. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Siliwangi Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain didaktis dalam mengeksplor kemampuan spasial matematika peserta didik SMP pada materi bangun ruang sisi datar dan merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan matematika peserta didik pada materi geometri yang diawali dengan tes kemampuan spasial untuk memperoleh Learning Obstacle peserta didik yang dilaksanakan di kelas IX A SMP Negeri 6 Tasikmalaya. Selanjutnya dikembangkan desain didaktis yang dimplementasikan. kepada 32 peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 6 Tasikmalaya. Hasil tes kemampuan spasial ditemukan tiga learning obstacle yaitu didactical obstacle, ontogenic obstacle dan epistemological obstacle. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan spasial, wawancara dan skala sikap. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal kemampuan spasial dan lembar skala sikap. Hasil penelitian ini berupa desain didaktis yang tercermin dalam rancangan pembelajaran untuk mengeksplor kemampuan spasial matematis peserta didik. Temuan dari pengembangan penelitian ini adalah kemampuan spasial matematis peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan desain didaktis yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata hasil tes sebesar 86,08. Kata Kunci: desain didaktis, kemampuan spasial matematik, bangun ruang sisi datar
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:14 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:14 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9600 |
Actions (login required)
View Item |