KAJIAN KINERJA PERSIMPANGAN TIDAK BERSINYAL PADA PERSIMPANGAN JALAN DADAHA-JALAN NAGARAWANGIJALAN TENTARA PELAJAR

SISWANTO, ERIK (2018) KAJIAN KINERJA PERSIMPANGAN TIDAK BERSINYAL PADA PERSIMPANGAN JALAN DADAHA-JALAN NAGARAWANGIJALAN TENTARA PELAJAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
0 COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
3 KATA PENGANTAR.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4 DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5kB)

Abstract

Simpang dadaha adalah simpang yang mempertemukan jalan Nagarawangi dan jalan Tentara Pelajar. Dari hasil penelitian awal menunjukkan sering terjadinya kemacetan karena arus lalu lintas yang tinggi dan kapasitas yang kurang memadai, terutama pada jam kerja. Dengan menurunnya kinerja simpang akan menimbulkan kerugian pada penggunaan jalan karena terjadinya penurunan kecepatan, peningkatan tundaan dan antrian kendaraan yang mengakibatkan naiknya biaya operasional kedaraan. Jenis penelitian yang digunakan ialah observasi dimana pengambilan data primer yang dilakukkan di lapangan. Selama 4 minggu pada hari kerja dan hari libur dengan jam pelaksanaan survei 1 jam di pagi hari pada pukul 06.15 – 07.15 WIB dan 1 jam pada sore hari pukul 15.30 – 16.30 WIB. Penggunaan kamera sebagai alat bantu perekaman data volume lalu lintas. Data lebar jalan didapatkan di lapangan dengan mengukur langsung dengan menggunakan meteran pada setiap pendekat. Ketika semua data primer dan sekunder telah didapatkan maka akan dianalisis dengan berpedoman pada MKJI 1997. Dari hasil penelitian diperoleh kapasitas terbesar sebesar 2744,17 smp/jam pada hari rabu 12 September 2018 pukul 06.15 – 07.15 WIB. Dengan derajat kejenuhan terbesar sebesar 1,01. Berdasarkan hasil analisis kinerja simpang tak bersinyal berpedoman MKJI 1997, maka diperlukan suatu solusi yang dapat mengatasi permasalahan lalu lintas pada simpang tak bersinyal Dadaha agar memenuhi persyaratan yang dianjurkan oleh MKJI 1997. Kata Kunci : Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Pemodelan, MKJI 1997.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Sep 2019 04:29
Last Modified: 16 Sep 2019 04:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item View Item