PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS BLANDED LEARNING (PBBL) DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK, BERPIKIR KREATIF MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

HIDAYAT, YAYAT (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS BLANDED LEARNING (PBBL) DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK, BERPIKIR KREATIF MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Tesis Yayat Hidayat_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Yayat Hidayat. (2020). “Penerapan Pembelajaran Berbasis Blanded Learning (PBBL) dengan Pendekatan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik, Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan koneksi matematik, kemampuan berpikir kreatif matematik dan kemandirian Belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Randomized Posttest Only Control. Populasi adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 155 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel kelas eksperimen adalah siswa kelas XII IPS 3 berjumlah 34 orang dan sampel kelas kontrol adalah siswa kelas XII IPS 5 berjumlah 34 orang. Instrumen penelitian terdiri dari tes soal kemampuan koneksi matematik dan kemampuan berpikir kreatif matematik dan non-tes angket kemandirian belajar. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan taraf signifikan 5% pada data pretes, postes, dan N-gain kemampuan koneksi matematik, berpikir kreatif matematik dan data skala kemandirian belajar antara kedua. Kelas eksperimen dan Kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan rerata dua populasi. Hipotesis diuji menggunakan uji non parametrik karena data tidak berdistribusi normal. Data kuantitatif diolah menggunakan Software SPSS Versi 25 for Windows. Berdasarkan hasil uji Mann–Whitney dan daerah penolakan hipotesis Ho dengan nilai sig < 0,05 menunjukkan bahwa penerapan PBBL dengan pendekatan Discovery Learning berpengaruh positif daripada penerapan model pembelajaran konvensional pada kemampuan koneksi, berpikir kreatif matematik dan kemandirian belajar. Penerapan PBBL dengan discovery learning juga berasosiasi positif terhadap kemampuan koneksi, berpikir kreatif matematik dan kemandirian belajar. Kata kunci: Koneksi matematik, berpikir kreatif matematik, kemandirian belajar,

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:14
Last Modified: 06 Jul 2023 02:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9599

Actions (login required)

View Item View Item