Nurazizah, Erica Oktariani (2023) PENGARUH PERLINTASAN SEBIDANG DENGAN REL KERETA API TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS (Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Mohammad Hatta, Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (36kB) |
|
Text
02. Lembar Pengesahan baru.pdf Download (247kB) |
|
Text
03. Lembar Keaslian.pdf Download (183kB) |
|
Text
04. Abstrak.pdf Download (125kB) |
|
Text
05. Abstract.pdf Download (110kB) |
|
Text
06. Kata Pengantar.pdf Download (126kB) |
|
Text
07. Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel, Daftar Lampiran.pdf Download (579kB) |
|
Text
08. BAB I.pdf Download (20kB) |
|
Text
09. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (289kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (8kB) |
|
Text
14. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
PENGARUH PERLINTASAN SEBIDANG DENGAN REL KERETA API TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS (Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Mohammad Hatta, Tasikmalaya) Erica Oktariani Nurazizah1), Hendra2), Gary Raya Prima3) 1,2,3Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Siliwangi Jalan Siliwangi No. 24 Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia E-mail: Erica.azizah@gmail.com ABSTRAK Sistem transportasi yang terbentuk dari komponen sarana, prasarana dan manusia adalah bagian hidup masyarakat saat ini. Pertemuan antara jalan raya dan jalan rel merupakan persimpangan pada perlintasan sebidang dan merupakan titik yang dapat terjadi konflik antara dua moda transportasi. Salah satu perlintasan sebidang yang ada di Kota Tasikmalaya berada pada perlintasan sebidang ruas jalan Mohammad Hatta di dekat simpang lima. Pada perlintasan tersebut volume kendaraan yang melintas cukup besar sehingga pada saat pintu tertutup dapat membuat antrian yang cukup panjang dan juga membuat banyak kendaraan mengalami tundaan. Karakteristik lalu lintas yang disurvei pada penelitian ini yaitu volume, kecepatan dan kerapatan lalu lintas . Disamping itu juga dilakukan survey terhadap jadwal kedatangan kereta api, lama penutupan pintu perlintasan, panjang antrian, banyak kendaraan dalam antrian dan waktu pemulihan kendaraan.. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan Shock Wave Analysis pada kondisi pintu tertutup dapat disimpulkan kondisi antrian dan tundaan maksimum terjadi pada periode 16:21:45 – 16:24:46, dimana menghasilkan waktu pelepasan ta = 82.73 detik, waktu pemulihan tb = 88.37 detik, panjang antrian = 240 meter, jumlah kendaraan antri N = 31.08 smp, serta rata-rata tundaan sebesar 106.04 detik. Kata Kunci : perlintasan sebidang, karakteristik lalu lintas, tundaan dan antrian
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 14:01 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 14:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9559 |
Actions (login required)
View Item |