PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL SUNDA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

Ardiansyah, Dadan Permana (2022) PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL SUNDA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1- COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
2- Lembar Pengesahan Tugas Akhir.pdf

Download (355kB)
[img] Text
3- Lembar Pengesahan Penguji Sidang.pdf

Download (299kB)
[img] Text
4- Lembar Keaslian.pdf

Download (319kB)
[img] Text
5- Abstract.pdf

Download (151kB)
[img] Text
6- Abstrak.pdf

Download (149kB)
[img] Text
7- Kata Pengantar.pdf

Download (257kB)
[img] Text
8- DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
9- Daftar Gambar.pdf

Download (90kB)
[img] Text
10- Daftar Tabel.pdf

Download (95kB)
[img] Text
11-Daftar Lampiran.pdf

Download (82kB)
[img] Text
12- BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
13- BAB II.pdf

Download (247kB)
[img] Text
14- BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
15- BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16- BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
17- Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Pada umumnya anak kecil cepat bosan apabila buku yang digunakan selalu sama dalam proses belajar. Selain itu, anak-anak usia dini akan lebih mudah mengenal nama-nama alat music tradisional sunda sesuai dengan bentuk alat musik tersebut akan tetapi anak usia dini belum bisa menulis atau mengetik untuk menyatakan suatu objek maka dengan demikian perlunya suatu media untuk membantu mengenalkan dan untuk membantu anak menjelaskan kembali apa yang sudah dikenal objeknya. Penelitian ini bertujuan untuk menunjang masa kecerdasan anak usia dini dalam pembelajaran pengenalan alat musik secara interaktif dengan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai model pembangunan aplikasi. Penelitian ini bertujuan sebagai media pembelajaran Alat Musik Tradisional Sunda menggunakan Teknologi Augmented Reality berbasis Marker. Pada aplikasi ini, menguji fungsional marker terhadap intensitas cahaya pada aplikasi alat musik tradisional sunda. Berdasarkan hasil pengujian fungsionalitas marker pada pengujian terhadap intensitas cahaya dan sudut kamera pada pemunculan objek 3D, angka ideal untuk penggunaan aplikasi tersebut dapat dilihat dari ujicoba dengan cahaya lebih dari 150-200 Lux sudut pengambilan gambar 60º. Berdasarkan hasil pengujian alpha dan beta, semua fungsionalitas aplikasi sudah berjalan dengan baik dan hasil pengujian beta testing menggunakan 7 aspek yaitu aspek visible 86,69%, aspek interesting 80%, aspek simple 80,89%, aspek useful 81,567%, aspek accurate 85,767%, aspek legitimate 81,78%, aspek structure 82% pada augmented reality alat music tradisional sunda dari hasil nilai persentase keseluruhan sebesar 82,69 % dari pengguna di interpretasikan bahwa aplikasi dapat diterima oleh pengguna. Kata kunci— Android, Alat Musik Tradisional Sunda, Augmented Reality, Marker, Luther-Sutopo, Animasi 3D.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:48
Last Modified: 16 Jun 2023 01:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9492

Actions (login required)

View Item View Item