Ardiansyah, Dadan Permana (2022) PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL SUNDA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1- COVER.pdf Download (36kB) |
|
Text
2- Lembar Pengesahan Tugas Akhir.pdf Download (355kB) |
|
Text
3- Lembar Pengesahan Penguji Sidang.pdf Download (299kB) |
|
Text
4- Lembar Keaslian.pdf Download (319kB) |
|
Text
5- Abstract.pdf Download (151kB) |
|
Text
6- Abstrak.pdf Download (149kB) |
|
Text
7- Kata Pengantar.pdf Download (257kB) |
|
Text
8- DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
|
Text
9- Daftar Gambar.pdf Download (90kB) |
|
Text
10- Daftar Tabel.pdf Download (95kB) |
|
Text
11-Daftar Lampiran.pdf Download (82kB) |
|
Text
12- BAB I.pdf Download (176kB) |
|
Text
13- BAB II.pdf Download (247kB) |
|
Text
14- BAB III.pdf Download (391kB) |
|
Text
15- BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
16- BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
17- Daftar Pustaka.pdf Download (182kB) |
Abstract
ABSTRAK Pada umumnya anak kecil cepat bosan apabila buku yang digunakan selalu sama dalam proses belajar. Selain itu, anak-anak usia dini akan lebih mudah mengenal nama-nama alat music tradisional sunda sesuai dengan bentuk alat musik tersebut akan tetapi anak usia dini belum bisa menulis atau mengetik untuk menyatakan suatu objek maka dengan demikian perlunya suatu media untuk membantu mengenalkan dan untuk membantu anak menjelaskan kembali apa yang sudah dikenal objeknya. Penelitian ini bertujuan untuk menunjang masa kecerdasan anak usia dini dalam pembelajaran pengenalan alat musik secara interaktif dengan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai model pembangunan aplikasi. Penelitian ini bertujuan sebagai media pembelajaran Alat Musik Tradisional Sunda menggunakan Teknologi Augmented Reality berbasis Marker. Pada aplikasi ini, menguji fungsional marker terhadap intensitas cahaya pada aplikasi alat musik tradisional sunda. Berdasarkan hasil pengujian fungsionalitas marker pada pengujian terhadap intensitas cahaya dan sudut kamera pada pemunculan objek 3D, angka ideal untuk penggunaan aplikasi tersebut dapat dilihat dari ujicoba dengan cahaya lebih dari 150-200 Lux sudut pengambilan gambar 60º. Berdasarkan hasil pengujian alpha dan beta, semua fungsionalitas aplikasi sudah berjalan dengan baik dan hasil pengujian beta testing menggunakan 7 aspek yaitu aspek visible 86,69%, aspek interesting 80%, aspek simple 80,89%, aspek useful 81,567%, aspek accurate 85,767%, aspek legitimate 81,78%, aspek structure 82% pada augmented reality alat music tradisional sunda dari hasil nilai persentase keseluruhan sebesar 82,69 % dari pengguna di interpretasikan bahwa aplikasi dapat diterima oleh pengguna. Kata kunci— Android, Alat Musik Tradisional Sunda, Augmented Reality, Marker, Luther-Sutopo, Animasi 3D.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 01:48 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 01:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9492 |
Actions (login required)
View Item |