ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

PRATAMA, YUGA (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI YUGA PRATAMA-ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar peserta didik ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya, yaitu 1 orang peserta didik dengan gaya belajar visual, 1 orang peserta didik dengan gaya belajar auditorial dan 1 orang peserta didik dengan gaya belajar kinestetik. Pengumpulan data dilakukan melalui soal tes kemampuan berpikir aljabar, angket gaya belajar dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ketiga aktivitas berpikir aljabar mampu dipenuhi oleh ketiga subjek. Dalam generational activities subjek yang memiliki gaya belajar visual membuat sketsa gambar terlebih dahulu untuk mengenali fokus permasalahan, subjek dengan gaya belajar auditorial menuliskan terlebih dahulu data-data yang sekiranya digunakan dalam perhitungan serta menuliskan maksud dari simbol yang digunakan dalam membuat persamaan dan subjek dengan gaya belajar kinestetik cenderung melihat fokus permasalahan dengan cara memahami soal kemudian membuat persamaan sambil berorientasi pada fisik. Dalam transformational activites subjek dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik mampu melakukan proses substitusi, mengumpulkan suku sejenis, mengalikan polynomial, menyederhanakan ekspresi dan menyelesaikan persamaan sementara subjek dengan gaya belajar visual tidak melakukan proses mengalikan polynomial. Dalam global/ meta-level activities, ketiga subjek tersebut mampu melibatkan aljabar sebagai suatu alat dalam memecahkan persoalan aljabar. Kata kunci: Berpikir Aljabar, Aktivitas Berpikir Aljabar, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Sep 2019 03:04
Last Modified: 16 Sep 2019 03:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item