INTERNALISASI DAN PENINGKATAN EFIKASI DIRI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Lisnawati, Iis INTERNALISASI DAN PENINGKATAN EFIKASI DIRI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

[img] Text
18. Prosiding UPI Riksa Bahasa IX 2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Aktivitas berbahasa merupakan aktivitas psikologis. Salah satu satu hal yang sering terjadi dalam pembelajaran bahasa yang berkaitan dengan aspek psikologi adalah kecemasan pembelajar yang dapat berpengaruh besar terhadap kualitas pembelajaran, baik proses maupun hasil pembelajaran. Kecemasan berkaitan dengan rendahnya efikasi diri (self-efficacy). Efikasi diri adalah keyakinan individu akan kemampuan untuk melakukan kegiatan dalam menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan yang telah ditentukan. Internalisasi dan peningkatan efikasi diri pembelajar dalam proses pembelajaran dapat menjadi alternatif solusi atas permasalahan tersebut karena salah satu kebutuhan dasar dari kebutuhan akademik utama dari pembelajar bahasa adalah memiliki efikasi diri tinggi. Dimensi efikasi diri meliputi (1) magnitude atau level ‘tingkat’, (2) generality ‘generalitas’, dan (3) strength ‘kekuatan’. Efikasi diri berpengaruh terhadap (1) pilihan aktivitas, (2) tujuan, (3) usaha dan persistensi, dan (4) pembelajaran dan prestasi. Efikasi diri dalam pembelajaran bisa dikembangkan melalui empat sumber, yaitu (1) pengalaman sendiri, (2) pengalaman orang lain, (3) persuasi verbal atau persuasi sosial, dan (4) kondisi kondisi fisik dan afektif. Pengukuran efikasi diri bisa dilakukan dengan menggunakan skala efikasi diri dalam bentuk angket yang ditawarkan Bandura dalam “Guide for Constructing Self Efficacy Scales”. Kata Kunci: pembelajaran bahasa Indonesia, efikasi diri (self-efficacy)

Item Type: Book
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia > Artikel Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:16
Last Modified: 06 Jun 2023 07:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9402

Actions (login required)

View Item View Item