SOPIANI, SYIFA (2023) EVALUASI PENERAPAN MODEL KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 1 TASIKMALAYA PADA MATA PELAJARAN PJOK (Studi Deskriptif Kualitatif di SMK Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (32kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (119kB) |
|
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (40kB) |
|
Text
04. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (259kB) |
|
Text
05. ABSTRAK.pdf Download (153kB) |
|
Text
06. KATA PENGANTAR.pdf Download (272kB) |
|
Text
07. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (151kB) |
|
Text
08. DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (232kB) |
|
Text
09. BAB 1.pdf Download (452kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (694kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (569kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
Abstract
ABSTRAK SYIFA SOPIANI. 2023. Evaluasi Penerapan Model Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Tasikmalaya pada Mata Pelajaran PJOK. Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Pemerintah dalam merancang kurikulum merdeka sebagai pemulihan pembelajaran sudah sangat baik tetapi belum tentu setiap sekolah mampu menerapkannya dengan baik sehingga perlu adanya evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi penerapan model kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Tasikmalaya pada mata pelajaran PJOK menggunakan model CIPP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dengan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini terdiri dari wakil kepala kurikulum, 4 orang guru PJOK dan 4 orang peserta didik dengan penentuan responden menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi konteks mengenai indikator tujuan dan sasaran serta indikator kekuatan sudah terpenuhi, namun terdapat indikator kelemahan mengenai kurangnya konsistensi guru dalam melakukan pembelajaran. Evaluasi masukan pada indikator struktur kurikulum, kompetensi guru PJOK, peserta didik, dan bahan ajar sudah terpenuhi dan berjalan dengan baik, tetapi pada indikator ketersediaan sarana prasarana masih belum menunjang keberlangsungan pembelajaran PJOK. Evaluasi proses yang meliputi indikator pelaksanaan dan pelaksanaan penilaian sudah berjalan dengan baik, namun kreativitas guru harus ditingkatkan. Evaluasi produk pada indikator pencapaian program sudah terpenuhi dan mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, namun masih harus dilakukan pembenahan dalam sistem pembelajaran yang digunakan serta pengoptimalan fasilitas dalam menunjang pembelajaran PJOK. Kata Kunci: Evaluasi, Model CIPP, Kurikulum Merdeka, PJOK
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 30 May 2023 05:49 |
Last Modified: | 30 May 2023 05:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9332 |
Actions (login required)
View Item |