PENGARUH MODEL PREDICT-OBSERVE�EXPLAINATION (POE) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI DINAMIKA ROTASI (Eksperimen Terhadap Siswa Kelas 11 SMA Negeri 2 Tasikmalaya)

WIDYASARI, RISMA (2023) PENGARUH MODEL PREDICT-OBSERVE�EXPLAINATION (POE) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI DINAMIKA ROTASI (Eksperimen Terhadap Siswa Kelas 11 SMA Negeri 2 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1-COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2-LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
3-LEMBAR PERYATAAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
5-ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
4-KATA PENGANTAR.pdf

Download (76kB)
[img] Text
6-DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
7-BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text
8-BAB II.pdf

Download (371kB)
[img] Text
9-BAB III.pdf

Download (290kB)
[img] Text
10-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
11-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
12-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Risma Widyasari. 2023. PENGARUH MODEL PREDICT-OBSERVE�EXPLAINATION (POE) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI DINAMIKA ROTASI. Menyadari pentingnya suatu strategi dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa, maka diperlukan adanya metode pembelajaran yang lebih banyak melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model POE pada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, psikomotor dan afektif materi dinamika rotasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Tasikmalaya pada siswa kelas 11 MIPA dengan populasi 8 kelas sebanyak 290 siswa. Sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuasi eksperimen. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes pilihan ganda pada pretest-posttest, tess essay pada lembar kerja siswa serta instrumen non tes yaitu laporan penilaian diri. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas Kolmogorov Smirnov, Uji Homogenitas Levene Statistic Test dengan One Way Anova, dan Uji Rata-rata Beda Independet Sample Test dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengujian statistik dapat disimpulkan bahwa hasil Uji T aspek Kognitif yang menunjukkan bahwa thitung (2,408) > ttabel (1,67) dan sig. 0,017 < 0,05. Hasil uji T aspek Psikomotor menunjukkan bahwa thitung (3,019) > ttabel (1,67) dan sig. 0,005 < 0,05. Dan hasil uji T aspek Afektif menunjukkan bahwa thitung (4,022) > ttabel (1,67) dan sig. 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dinyatakan hipotesis Ha yang menyatakan terdapat pengaruh model POE dengan menggunakan metode eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar pada materi dinamika rotasi diterima. Kata Kunci : POE, metode eksperimen, hasil belajar, dinamika rotasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 May 2023 06:35
Last Modified: 10 May 2023 06:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9147

Actions (login required)

View Item View Item