ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ)

YAWATI, DEVI (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI DEVI YAWATI_152151231.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa pemberian angket Adversity Response Profile (ARP), melaksanakan tes kemampuan berpikir kreatif, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen utama pada penelitian ini peneliti sendiri dengan intrumen lainnya berupa angket ARP dan soal tes kemampuan berpikir kreatif. Sumber data dari penelitian ini yaitu subjek S-18 yang termasuk kategori AQ Climber, subjek S-12 yang termasuk kategori AQ Camper, dan subjek S-24 yang termasuk AQ Quitter. Teknik analisis yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis subjek kategori Climber (S-18), termasuk tingkat berpikir 4 (sangat kreatif) yaitu; mampu menyelesaikan suatu masalah dengan lebih dari satu alternatif jawaban maupun cara penyelesaian atau membuat masalah yang berbeda-beda dengan lancar (fasih) dan fleksibel. Kemampuan berpikir kreatif subjek kategori Camper (S-12), termasuk tingkat berpikir 1 (kurang kreatif) yaitu; peserta didik tidak mampu membuat jawaban atau membuat masalah yang berbeda (baru), meskipun salah satu kondisi berikut dipenuhi, yaitu cara penyelesaian yang dibuat berbeda-beda (fleksibel) atau jawaban/masalah yang dibuat beragam (fasih). Kemampuan berpikir kreatif subjek kategori Quitter (S24), termasuk ke dalam tingkat berpikir 0 (tidak kreatif) yaitu; peserta didik tidak mampu membuat alternatif jawaban maupun cara penyelesaiannya atau membuat masalah yang berbeda dengan lancar (fasih) dan fleksibel. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Adversity Response Profile (ARP), Adversity Quotient (AQ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Sep 2019 01:58
Last Modified: 12 Sep 2019 01:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item