PENGEMBANGAN DIGIBOOK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI GAMBAR DAN BELIEF MATEMATIS PESERTA DIDIK

K O M A R A, K O M A R A (2023) PENGEMBANGAN DIGIBOOK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI GAMBAR DAN BELIEF MATEMATIS PESERTA DIDIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN DAN PERNYATAAN.pdf

Download (654kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DI, DT, DG, DL.pdf

Download (167kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf

Download (551kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf

Download (269kB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK KOMARA. 2023. Pengembangan Digibook Berbantuan Geogebra untuk Mengoptimalkan Kemampuan Representasi Gambar dan Belief Matematis Peserta Didik. Program Studi Magister Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan digibook transformasi geometri berbantuan geogebra untuk mengoptimalkan kemampuan representasi gambar dan belief matematis serta untuk menganalisis dan mendeskripsikan kualitas efektivitas kemampuan representasi gambar dan belief matematis peserta didik setelah menggunakan digibook transformasi geometri berbatuan geogebra. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 orang peserta didik kelas IX-B MTs Negeri 3 Ciamis, 6 orang peserta didik kelas IX di luar kelas IX-B, 3 orang guru matematika, 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE melalui tahap Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate untuk mendapatkan produk yang valid dan layak digunakan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara tidak terstruktur, angket dan tes kemampuan representasi gambar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon pengguna, angket belief matematis dan soal tes kemampuan representasi gambar. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan dan pembahasan, pada tahap analyze peneliti melakukan analisis kebutuhan materi dan media. Pada tahap design peneliti membuat flowchart dan storyboard, merancang instrumen tes, menyusun lembar validasi ahli materi dan ahli media, membuat angket respon pengguna dan angket belief matematis peserta didik. Pada tahap develop peneliti menghasilkan produk yang telah dirancang, melakukan uji ahli kepada ahli materi dan ahli media dengan hasil validasi berada pada kategori “sangat layak digunakan” kemudian melakukan ujicoba produk kepada 6 orang peserta didik di luar kelas IX-B serta 3 orang guru matematika dan memperoleh respon positif dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap implement, digibook diterapkan dalam kegiatan pembelajaran kepada 32 orang peserta didik kelas IX-B. Pada tahap evaluate diketahui nilai rata-rata kemampuan representasi gambar peserta didik pada posttest lebih besar dari nilai rata-rata kemampuan representasi gambar peserta didik pada pretest. Respon pengguna terhadap digibook transformasi geometri berbantuan geogebra positif dengan kategori “sangat baik”. Hasil pengujian Effect Size (ES) diperoleh kategori “Strong Effect”. Sebanyak 75% peserta didik memenuhi indikator menyajikan kembali data atau informasi representasi ke representasi diagram, grafik atau tabel serta 88% peserta didik memenuhi indikator menggunakan representasi visual/gambar untuk menyelesaikan masalah. Belief matematis peserta didik setelah menggunakan digibook transformasi geometri berbantuan geogebra pada masing-masing dimensi pokok belief yaitu: tentang pendidikan matematika berada dalam kategori “Tinggi”, tentang diri sendiri berada dalam kategori “Tinggi” dan tentang konteks sosial berada pada kategori “Tinggi”. Kata kunci: digibook, kemampuan representasi gambar, belief matematis

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:21
Last Modified: 19 Sep 2023 04:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9050

Actions (login required)

View Item View Item