PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Plus Hikmah Kabupaten Garut Tahun Ajaran 2020/2021)

Mulyana, Hasna Maulida (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Plus Hikmah Kabupaten Garut Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (469kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (440kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (558kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (447kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (580kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (637kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (583kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)

Abstract

ABSTRAK Hasna Maulida Mulyana. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur dan Menyimpulkan Isi Teks Berita (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Plus Hikmah Kabupaten Garut Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Berdasarkan kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta diik kelas VIII yaitu “Mengidentifikasi Unsur-Unsur dan Menyimpulkan Isi Teks Berita yang Didengar dan Dibaca”. Walaupun demikian, kondisi di SMP Plus Hikmah Kabupaten Garut menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dan belum mampu mengidentifikasi unsurunsur dan menyimpulkan isi teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Plus Hikmah Kabupaten Garut tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMP Plus Hikmah Kabupaten Garut tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa pada siklus kesatu untuk Kompetensi Dasar mengidentifikasi unsur-unsur teks berita terdapat peserta didik yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 12 orang (50%) dan peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 12 orang (50%), sedangkan untuk Kompetensi Dasar menyimpulkan isi teks berita terdapat peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 10 orang (41,7%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 14 orang (58,3%). Pada siklus kedua, baik untuk Kompetensi Dasar mengidentifikasi unsur-unsur maupun untuk Kompetensi Dasar menyimpulkan isi teks berita semua peserta didik sebanyak 24 orang (100%) sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 75. Data tersebut menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita dari siklus kesatu ke siklus kedua. Artinya, hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Plus Hikmah tahun ajaran 2020/2021

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:18
Last Modified: 27 Mar 2023 06:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8952

Actions (login required)

View Item View Item