Pratama, Rizky Murdiansyah (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII di MTs Manba’ul’ulum Silebu Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (272kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN1.pdf Download (200kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (238kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (339kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (125kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (241kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (414kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (605kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (546kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
Abstract
ABSTRAK Rizky Murdiansyah Pratama. 2021. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Serta Menyajikan Teks Berita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta Didik Kelas VIII MTs Manba’ul’ulum Silebu Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Pada kurikulum 2013 revisi peserta didik dituntut untuk menguasai semua jenis teks. Salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik yaitu teks berita tepatnya pada kompetensi dasar menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks berita. Namun pada kenyataannya di kelas VIII MTs Manba’ul’ulum Silebu Kabupaten Kuningan belum semua peserta didik dapat mencapai niai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB). Penelitian yang penulis lakukan mempunyai tujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks berita pada peserta didik kelas VIII MTs Manba’ul’ulum Silebu Kabupaten Kuningan tahun ajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII adalah 72. Perolehan nilai siklus pertama, pada aspek pengetahuan 3.2 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks berita yang belum mencapai KKB yaitu berjumlah 12 orang (37%) sementara pada aspek keterampilan 4.2 menyajikan teks berita peserta didik yang belum mencapai KKB yaitu berjumlah 10 orang (31%) dan dilanjutkan dengan siklus kedua mengalami peningkatan pada aspek pengetahuan 3.2 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks berita peserta didik yang sudah mencapai KKB berjumlah 32 orang atau 100% dan pada aspek keterampilan 4.2 menyajikan teks berita peserta didik yang sudah mencapai KKB berjumlah 32 orang atau 100%. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis tindakan dalam penelitian ini bisa diterima. Artinya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks berita pada pada peserta didik kelas VIII MTs Manba’ul’ulum Silebu Kabupaten Kuningan tahun ajaran 2020/2021
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 02:15 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 02:15 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8929 |
Actions (login required)
View Item |