PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN, DAN MENULIS TEKS EKSPLANASI (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Ramadhan, Putri (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN, DAN MENULIS TEKS EKSPLANASI (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Diploma thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (207kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (104kB)
[img] Text
3. LEMBAR REVISI SKRIPSI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (304kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (579kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (375kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (469kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (419kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Ramadhan. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kemampuan Menelaah Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Menulis Teks Eksplanasi (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan, dan menulis teks eksplanasi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik penelitian yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu dalam pembelajaran menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi sebanyak 15 orang (50%) berhasil mencapai KKM dan 15 orang (50%) belum mencapai KKM. Kemudian pada aspek keterampilan siklus kesatu pembelajaran menulis teks eksplanasi sebanyak 20 orang (67%) sudah mencapai KKM dan 10 orang (33%) belum mencapai KKM. Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada aspek pengetahuan dan keterampilan sebanyak 30 orang (100%) telah mencapai KKM yang sudah ditentukan yakni 76. Berdasarkan hasil uji normalitas data nilai menelaah struktur, kaidah kebahasaann, dan menulis teks eksplanasi pada siklus kesatu dan siklus kedua berdistribusi tidak normal. Penulis menghitung uji beda menggunakan uji Wilcoxon. Diketahui bahwa W hitung (0) lebih kecil daripada W tabel (107,4) dalam taraf signifikansi (0,01). Artinya terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan, dan menulis teks eksplanasi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Artinya, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Mar 2023 07:23
Last Modified: 14 Mar 2023 07:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8887

Actions (login required)

View Item View Item