ANALISIS TEKS BERITA DALAM SURAT KABAR CNN INDONESIA DAN PIKIRAN RAKYAT SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP/MTs (Studi Analisis Kesesuaian Teks Berita dalam Surat Kabar CNN Indonesia dan Pikiran Rakyat dengan Kriteria Bahan Ajar)

Barkillah, Evin (2021) ANALISIS TEKS BERITA DALAM SURAT KABAR CNN INDONESIA DAN PIKIRAN RAKYAT SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP/MTs (Studi Analisis Kesesuaian Teks Berita dalam Surat Kabar CNN Indonesia dan Pikiran Rakyat dengan Kriteria Bahan Ajar). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (210kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (316kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel.pdf

Download (321kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (485kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (735kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (291kB)

Abstract

ABSTRAK Evin Barkillah, 2021. Analisis Teks Berita dalam Surat Kabar CNN Indonesia dan Pikiran Rakyat Sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Berita pada Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs (Studi Analisis Kesesuaian Teks Berita dalam Surat Kabar CNN Indonesia dan Pikiran Rakyat dengan Kriteria Bahan Ajar). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Teks berita merupakan salah satu teks yang harus dipelajari dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu komponen pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi teks berita adalah bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan pun hendaknya bervariatif supaya dapat meningkatkan pengetahuan dan kreativitas peserta didik serta mencegah kebosanan dalam melaksanakan pembelajaran teks berita. Akan tetapi, faktanya bahan ajar teks berita yang digunakan masih mengacu pada bahan ajar yang terdapat dalam buku paket saja sehingga bahan ajar yang disajikan tidak variatif. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai bahan ajar teks berita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya teks berita dalam surat kabar CNN Indonesia dan Pikiran Rakyat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks berita kelas VIII. Atas dasar itulah penulis melakukan penelitian terhadap teks berita dalam surat kabar CNN Indonesia dan Pikiran Rakyat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, angket dan studi pustaka. Populasi penelitian adalah sebanyak 24 teks berita, sedangkan sampel penelitian sebanyak 11 teks berita. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 11 teks berita yang dijadikan sampel memuat unsur, struktur dan kebahasaan teks berita yang lengkap dan sesuai dengan tuntutan kompetensi dasar teks berita 3.1 dan 3.2 kelas VIII SMP/MTs. Dari hasil uji validasi modul oleh tiga ahli diperoleh skor 100% dengan kategori sangat valid. Oleh karena itu, modul dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar teks berita untuk kelas VIII SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:55
Last Modified: 08 Mar 2023 01:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8796

Actions (login required)

View Item View Item