ANALISIS NUMERIK STABILITAS TEROWONGAN NANJUNG KABUPATEN BANDUNG

UNTARI, ANNE (2023) ANALISIS NUMERIK STABILITAS TEROWONGAN NANJUNG KABUPATEN BANDUNG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (119kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (431kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (14kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

ANALISIS NUMERIK STABILITAS TEROWONGAN NANJUNG KABUPATEN BANDUNG Anne Untari1 , Empung2 , M Syarif Al-Huseiny2 Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Siliwangi Jalan Siliwangi No 24 Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia Email: anne.untari@gmail.com ABSTRAK Terowongan Air Nanjung merupakan terowongan kembar pengelak air yang berada di sekitar Curug Jompong, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. Terowongan air ini memiliki panjang 2 x 230 m dan diameter 2 x 9,2 meter yang berfungsi mengalirkan air untuk mengurangi banjir akibat meluapnya sungai Citarum. Bangunan terowongan perlu analisis terhadap stabilitasnya untuk mengidentifikasi tingkat keamanan bangunan. Dalam studi ini dilakukan analisis perhitungan terhadap pembebanan dengan empat kombinasi pembebanan yaitu kondisi setelah dibangun, kondisi setelah dibangun terjadi gempa, kondisi saat terowongan beroperasi, dan kondisi saat terowongan beroperasi terjadi gempa. Dari hasil kombinasi pembebanan, dilakukan perhitungan momen dan lintang menggunakan metode Beggs. Hasil perhitungan didapat momen maksimum sebesar 591,658 ton.m dan lintang maksimum 413,011 ton. Untuk memodelkannya, digunakan program komputer Midas GTS NX. Berdasarkan momen ultimate 620,429 kNm, tulangan yang digunakan yaitu D32–130 dan D29–110. Kata kunci: terowongan air, kombinasi pembebanan, momen maksimum, penulangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:58
Last Modified: 03 Mar 2023 07:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8755

Actions (login required)

View Item View Item