HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON

NABILAH, LILI NURFATIN (2023) HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
05. KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMAKASIH, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
06. BAB 1.pdf

Download (96kB)
[img] Text
07. BAB 2.pdf

Download (367kB)
[img] Text
08. BAB 3.pdf

Download (316kB)
[img] Text
09. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTAK Lili Nurfatin Nabilah. 2023. HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa kesulitan peserta didik dalam menerjemahkan soal atau pertanyaan ke dalam bentuk rumusan matematik, menggambar grafik, menentukan arah gaya menyebabkan peserta didik tidak dapat menyelesaikan permasalahan fisika dengan baik. Hasil temuan tersebut perlu dibuktikan melalui penelitian yang berfokus pada kaitan kemampuan komunikasi matematis dengan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan komunikasi matematis dengan hasil belajar peserta didik pada materi Hukum Newton. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA Taman Harapan 1 Kota Bekasi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dalam bentuk pilihan ganda meliputi tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat berupa uji normalitas Kolmogorov Smirnov dan uji linearitas, serta uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dengan hasil belajar peserta didik pada materi Hukum Newton, dengan nilai signifikansi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:24
Last Modified: 03 Mar 2023 07:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8751

Actions (login required)

View Item View Item