NURSYIFA, YENA (2023) NALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (87kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (288kB) |
|
Text
12. LEMBAR PERNYATAAN (1).pdf Download (194kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (116kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (133kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (350kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (134kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
Abstract
ABSTRAK YENA NURSYIFA. 2023. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal kontekstual ditinjau dari kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini berupa angket, tes dan wawancara. Instrumen tes yang digunakan adalah satu soal kontekstual yang memuat kemampuan representasi matematis yang telah divalidasi oleh dua orang Dosen Pendidikan Matematika. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang peserta didik kelas IX-C SMP Negeri 9 Tasikmalaya yang paling banyak melalui indikator kemampuan representasi matematis dalam menyelesaikan soal kontekstual dengan 1 subjek tiap kategori kemandirian belajar. Hasil dari penelitian ini adalah (1) S29 dengan kemandirian belajar tinggi mampu menyelesaikan soal kontekstual dan melalui semua indikator kemampuan representasi matematis, yaitu representasi visual, persamaan atau ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis. (2) S22 dengan kemandirian belajar sedang mampu menyelesaikan soal konteksual walaupun terlihat perbedaannya dengan kemandirian belajar tinggi yakni pada indikator representasi visual serta indikator kata-kata atau teks tertulis yang perlu diperhatikan kembali sebelum menyelesaikan soal menggunakan representasi lainnya. (3) S24 dengan kemandirian belajar rendah hanya mampu merepresentasikan secara visual dan menggunakan kata�kata atau teks tertulis namun kurang tepat dalam menuliskan apa yang diketahui sehingga tidak dapat menyelesaikan soal kontekstual. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Soal Kontekstual, Kemandirian Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 02:14 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 02:14 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8731 |
Actions (login required)
View Item |