PENGARUH MODEL BLENDED PROJECT BASED LEARNING (B-PjBL) BERBASIS LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK PARABOLA (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X IPA SMAN 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

NURDIANSAH, IHSAN (2022) PENGARUH MODEL BLENDED PROJECT BASED LEARNING (B-PjBL) BERBASIS LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK PARABOLA (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X IPA SMAN 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (23kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (206kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
7. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
8. BAB 2 TINJAUAN TEORITIS.pdf

Download (527kB)
[img] Text
9. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
10. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text
11. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)

Abstract

ABSTRAK Ihsan Nurdiansah. 2022. PENGARUH MODEL BLENDED PROJECT BASED LEARNING (B-PjBL) BERBASIS LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK PARABOLA Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains peserta didik pada materi gerak parabola, kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran fisika, dan keterbatasan waktu belajar pada saat di kelas. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Blended Project Based Learning (B-PjBL) berbasis laboratorium. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Blended Project Based Learning (B-PjBL) berbasis laboratorium terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi gerak parabola di kelas X IPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Oktober 2022 di SMA Negeri 9 Tasikmalaya. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian posttest only control group desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya sebanyak 4 kelas dengan jumlah peserta didik 144 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol, dengan rincian masing-masing kelas berjumlah 36 peserta didik. Untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik dilakukan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk essay dengan jumlah soal 15 butir materi gerak parabola, masing-masing soal tersebut mencakup 10 indikator keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:57
Last Modified: 01 Mar 2023 03:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8726

Actions (login required)

View Item View Item