PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI FABEL (Eksperimen pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Fadhilah, Nisrina Nur (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI FABEL (Eksperimen pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (186kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (146kB)
[img] Text
06. Daftar Isi.pdf

Download (239kB)
[img] Text
07. BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
08. BAB II.pdf

Download (492kB)
[img] Text
09. BAB III.pdf

Download (613kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB)

Abstract

ABSTRAK Nisrina Nur Fadhilah, NPM 152121003. Pengaruh Model Time Token Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi dan Menceritakan Kembali Isi Teks Fabel Kelas VII SMPN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Time Token Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi dan Menceritakan Kembali Isi Teks Fabel terhadap peserta didik kelas VII SMPN 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam peneltian ini yaitu metode eksperimen, untuk mengetahui berpegaruh tidaknya metode pembelajaran yang digunakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Populasi yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 siswa, dan kelas VII E sebagai kelas kontrol sebanyak 31 siswa. Model yang digunakan dalam kelas Eksperimen ialah Model Time Token. Terdapat enam langkah dalam model pembelajaran time token, yaitu menjelaskan tujuan, diskusi, pemberian tugas, memberi kupon berbicara, memberikan intruksi, memberi nilai. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model Pembelajaran Time Token terhadap kemampuan mengidentifikasi teks fabel menggunakan uji normalitas terbukti tidak berdistribusi normal. Maka dilakukannya uji Wilcoxon, skor yang diperoleh ialah W = 5 < W 0,01 (31) = 243,84 pada kemampuan mengidentifikasi informasi teks fabel. Skor yang diperoleh ialah W = 115 < W 0,01 (31) = 243,84, pada kemampuan menceritakan kembali isi teks fabel dengan jumlah peserta didik yaitu 31. Artinya model pembelajaran Time Token berpengaruh terhadap mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks fabel pada peserta didik kelas VII SMPN 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:54
Last Modified: 28 Feb 2023 01:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8720

Actions (login required)

View Item View Item