PENGARUH PERSISTENSI DIRI DAN IKLIM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

NAFISAH, RINI SAYIDAH (2022) PENGARUH PERSISTENSI DIRI DAN IKLIM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (67kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (307kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (147kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar & Daftar Isi.pdf

Download (123kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (126kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf

Download (196kB)
[img] Text
7.BAB 3.pdf

Download (295kB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB)

Abstract

ABSTRAK Rini Sayidah Nafisah, 2022. “Pengaruh Persistensi Diri dan Iklim Belajar Terhadap Prestasi Belajar (Studi Survei Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Tasikmalaya)”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Edi Fitriana Afriza, S.Pd., M.M., dan Raden Roro Suci Nurdianti, S.Pd., M.Pd. Fokus permasalahan dalam penelitian ini yaitu adanya prestasi belajar yang rendah yang dapat dilihat dari nilai Penilaian Akhir Semester Siswa. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif kemudian melakukan uji lapangan dengan metode survey, untuk populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPA dan IPS yang berjumlah 237 siswa, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling, yaitu dengan menggunakan proportionate stratified random sampling yaitu dengan jumlah sampel 149 Siswa. Penelitian ini menunjukan bahwa variabel persistensi diri (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung sebesar 5,428 > ttabel 1,977 dan Sig. 0,000 < 0,05, serta iklim belajar (X2) memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung sebesar 7,236 > ttabel 1,977 dan Sig. 0,000 < 0,05. Secara bersama-sama persistensi diri dan iklim belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung sebesar 84,410 > Ftabel 3,06 dan nilai signifikan < α yaitu 0,000 < 0,05. Nilai determinasi (r2) konstribusi variabel persistensi diri dan iklim belajar terhadap prestasi belajar sebesar bahwa 53,8 %, sedangkan nilai non determinasi sebesar 46,2 % yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Persistensi Diri, Iklim Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:33
Last Modified: 17 Feb 2023 09:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8678

Actions (login required)

View Item View Item