PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM BOLA VOLI (Penelitian Tindakan Kelas VII-A SMP Negeri 3 Manonjaya Tahun Ajaran 2022/2023)

UTAMA, ANANDA MUHAMAD (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM BOLA VOLI (Penelitian Tindakan Kelas VII-A SMP Negeri 3 Manonjaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)
[img] Text
LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (43kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

ABSTAK ANANDA MUHAMAD TRI UTAMA. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Passing Bawah Dalam Bola Voli. Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah permainan bola voli dengan menggunakan metode cooperative tipe jigsaw pada siswa Kelas VII-A SMP Negeri 3 Manonjaya Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus. Sasaran penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah permainan bola voli, setting penelitian pada siswa Kela VII-A SMP Negeri 3 Manonjaya. Data yang diperoleh adalah data hasil belajar berupa pengetahuan, dan psikomotorik. Nilai hasil belajar secara keseluruhan (aspek pengetahuan dan psikomotorik) pada prasiklus rata-rata sebesar 71,68% atau sebanyak 9 orang siswa yang telah melampaui KKM. Pada siklus 1 terjadi peningkatan rata-rata sebesar 75,43% atau sebanyak 17 orang siswa, dan pada siklus 2 terjadi peningkatan rata�rata 79,65%. Atau sebanyak 27 orang siswa. Artinya KKM telah terlampaui pada siklus 2. Berdasarkan temuan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw dalam proses pembelajaran passing bawah permainan bola voli dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII-A SMP Negeri 3 Manonjaya Tahun 2022/2023. Berdasarkan temuan-temuan dan simpulan tersebut diatas, dapat disarankan agar pembelajaran passing bawah permainan bola voli dianjurkan menggunakan metode cooperative tipe jigsaw. Kata kunci: Belajar, cooperative learning, jigsaw, passing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 17 Feb 2023 00:50
Last Modified: 17 Feb 2023 00:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8663

Actions (login required)

View Item View Item